Responsive Banner design

Selamat datang

Bantu like bos...

Arsip Blog

HUKUM 10.000 JAM


*Ketekunan Menghasilkan Buah*
*Hukum 10 ribu Jam*

Menurut hukum dibutuhkan 10.000 jam, untuk menjadi Seorang Yg ahli
Seseorang perlu melakukan kegiatan yang ditekuninya itu selama 10 ribu jam.
Teori 10 ribu jam ini dimuat dalam buku “Outliers” karya Malcolm Gladwell.
Jadi, kalau kita ingin menjadi ahli pada bidang tertentu (memasak, menulis, mengajar, Menulis, gitar, programming, dan apapun), maka kita perlu mengasah diri kita dengan ekspose belajar dan berkarya selama 10 ribu jam.

Walaupun tidak tahu derajat kebenaran dari hukum ini, aku suka spiritnya bahwa keberhasilan adalah buah ketekunan dan kerja keras, bukan sebuah hal datang dengan tiba-tiba dan bisa diperoleh secara instan. Bahkan pada orang-orang yang berbakat sekalipun, keahliannya baru akan berkilau setelah diasah dengan proses yang tak sebentar itu.

Sepuluh ribu jam itu, kalau dikonversi pada kegiatan 5 jam/per hari, maka dia membutuhkan 2 ribu hari. Kalau dijadikan tahun ( seminggu 5 hari, 1 tahun  = 260  hari), hasilnya adalah 7,7 tahun.
Kami ingin memberikan pesan kepadanya bahwa untuk menjadi ahli pada bidang apapun, dibutuhkan kerja keras dan ketekunan dalam jangka panjang. 

Kalau dia ingin cepat menjadi jago, berarti semakin banyak waktu yang harus dikeluarkan untuk belajar, berlatih, dan berkarya.

*Seberapa cepat kamu ingin menjadi jago pada sebuah hal, terserah kamu. Semuanya tergantung pada seberapa kerja keras dan ketekunan Serta Waktu Berapa Lama kamu mengupayakannya*

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

comment