Yg sebetulnya bisa juga diterapkan dalam jualan offline
Strategi ini sy singkat menjadi strategi P. A. S. A. R
P yg pertama adalah
PLEASURE atau menyenangkan
Yah, sebagai penjual tentu saja kita harus menyenangkan, bahagia, karena bahagia itu cepat sekali menular ^_^
hanya saja dalam Online kita tidak langsung berhadapan dengan pelanggan
Tapi diwakili oleh percakapan atau chating via messenger BBM, WHATSAPP, LINE@, dll
Nah, utk menyiasati bagaimana agar kita selalu "tampak" bahagia
Kita bisa gunakan emoticon smile Atau ^_^ Di ahir kalimat
jadi seandainya kita sedang kesal sekali pun menghadapi beragam karakter pelanggan,
Kekesalan kita akan tertutupi oleh emoticon tersebut ^_^
Bagaimana cara mengetahui karakter pelanggan, yah anda bisa pelajari lagi, misalnya dengan NLP, PERSONALITY PLUS, dll
A yang kedua adalah ASK
atau tanya Dengan bertanya, tingkat closing kita akan meningkat sampai 70%
wow
Seorang TOP SELLER atau yg jago jualan bukan lah yg jago ngomong
Akan tetapi, pintar menyesuaikan dan yg terpenting "membuat " pelanggan nya yg jago ngomong
Semakin banyak bertanya, kita akan dapat menggali data-data tentang pelanggan
Dan orang memang suka di perhatikan, diketahui detail tentang dirinya
Jika di ibaratkan alat musik gamelan
Pelanggan jadi kendangnya
Kita jadi gong nya
Plak tung plak tung
Gooooong!!
Plak tung plak tung
Gooong !!
Tanggapi habis habisan
Jangan sampai percakapan berhenti di kita
contoh..
Pelanggan
"Mba sy mau produk nya dong, harganya berapa?
Kita
"boleh bu silahkan, pilih yg A atau B
TANYA
Karena dia penasaran, koq si mba ini bisa tau yaa..
(padahal kita sudah cek bio'nya di facebook)
S yang ketiga adalah SUPPRESSION
atau mendekati penekanan tapi bukan pemaksaan ^_^
Pepet Habis pokoknya ..
misal pelanggan nya bilang
"mba saya tanya suami dulu yaa .... "
"oke bu.. klo boleh tau berapa lama yaa..
^_^
"mba nunggu gajian yaa.. "
"boleh bu, tapi sekedar info , ini promonya habis sampai besok yaa .. ^_^" dll
A yg ke empat adalah ADDRESS atau alamat
Selalu Tanya alamat lengkap nya
Walau saat itu dia belum beli
nama lengkap
nomor HP
alamat lengkap
atau bahkan
alamat e_mail
Lalu kita bikin database,
Prospek( belum beli)
Buyer (pertama beli)
Customer (sering beli)
bahkan ada cara nyeleneh yg di lakukan teman saya,,
dia tetap packing pesanan pelanggan walau belum transfer
lalu paket beserta alamat tadi di foto dan di kirim melalui whatsapp nya ^_^
Yaah klo yg ini sih bebas aja terserah anda mau di pakai atau tidak caranya ^_^
Bahkan sekelas raksasa online shop, e-commerce, dll pasti selalu minta utk submit alamat e_mail anda, betul
buat apa sih?
buat yg terahir ini
R yang terahir adalah REMINDER
atau mengingatkan
Boleh pakai jurus copy writing..
Now or never,,
Promo satu hari,,
Pre order,,dll
Kesalahan penjual Online adalah berhenti pada proses reminder ke dua, Begitu ditolak, selesai
Padahal kita harus melakukan proses reminder ini minimal 5 kali teman teman
Coba anda perhatikan e_mail anda berapa kali Dewa Eka Prayoga mengingatkan anda melalui e_mail
Begitupun yg lain nya, sekelas Rico Huang, Fikry Fatullah, dll Saran saya selalu buka semua e_mail yg masuk,
baca (lahap) sampai habis,,
pelajari pola nya (berapa hari sekali misalnya)
pelajari copy writing nya dll
Dan saat reminder, gunakan kalimat pertanyaan Ya atau Ya, Bukan Ya atau Tidak
"ibu jadi beli engga?
"engga mba... "
selesai
"ibu transfer kapan?...
"kapan kapan...
Gagal closing
Dan yang terpenting,
Buat selalu pelanggan anda penasaran
Karena *penasaran adalah pemasaran*
Dan satu lagi
Buat pelanggan anda tahu bahwa anda EXIST atau SELALU ADA, jadi beli atau tidak yang penting saat dia mencari produk tertentu
Dia akan ingat nama anda,
0 comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.