Ada riset menarik tentang minuman 7up. Diminta sekelompok orang mencoba rasa dari 1 tipe 7up baru, dan membandingkan dengan 7up classic nya. Kaleng 7up baru itu lebih banyak warna kuningnya, sambil mempertahankan type designya.
Ternyata orang2 banyak yang mengatakan 7up baru lebih banyak rasa sitrusnya. Walau sebenarnya kedua 7up itu isinya sama. Orang terpengaruh dengan kaleng yang lebih kuning, seolah2 lebih banyak sitrusnya.
Apa yang dilihat orang, menular pada rasanya.
Definisi resmi transference adalah: unconscious redirection of feelings for one thing to another.
Sebuah penularan perasaan akan sesuatu kepada hal lain yang tidak berhubungan dengan hal itu.
Kenapa kita memandang idola kita dan menanyakan apa pilihan presiden nya dalam pemilu nanti? Kita sadar dia penyanyi dan tidak punya kapabilitas apapun dalam mengambil keputusan tentang politik, kita pun tetap ingin tahu, bahkan sering meniru dia. Kekaguman menular pada pemilihan calon.
Permen Jepang, bungkusnya cantik sekali, dan tanpa terasa kita merasa isinya lebih “enak” atau setidaknya lebih “layak” makan, tanpa terasa indahnya bungkus menular pada rasa.
Tas LV yang mahal mambuat kita respek kepada pemakainya. Pakaian yang bagus menunjukkan kepribadian orang nya. Bahkan pembantu diberi pakaian suster menciptakan citra lebih baik.
Orang yang lebih tampan, lebih gagah, lebih tinggi dianggap lebih kompeten dalam memimpin perusahaan, dan ada data menunjukkan gajih seorang CEO dunia punya korelasi terhadap tingginya postur tubuhnya.
Semua itu karena efek penularan, efek ‘transference” yang terjadi pada satu hal ke yang lainnya, walau sering tidak saling berhubungan sebenarnya.
Nah, fenomena ini sering terjadi pada kehidupan kita, kita haru secara kritis mengkaji ulang setiap pendapat terutama pada korelasi yang seharusnya tidak ada.
Sebaliknya hal ini dapat pula dimanfaatkan pada marketer untuk menciptakan dan meninggikan image produk. Untuk menciptakan image pribadi, untuk mempengaruhi orang, untuk kampanye?
Salam sukses selalu.
Selamat datang
SELAMAT SORE SHOB! JANGAN LUPA MANDI YA...hehehe
Bantu like bos...
Arsip Blog
-
▼
2012
(187)
-
▼
April
(17)
- 20 kalimat orang terkenal untuk memotivasi anda ha...
- Kisah Sri Sultan HB IX Saat Kena Tilang di Pekalongan
- KATA BIJAK YANG AKAN MERUBAH HIDUPMU
- Alasan anak nakal bisa lebih sukses dari anak kutu...
- CEMBURU
- Muslim wajib masuk]Jenis Makanan & Cara Makan Rasu...
- Kisah Nyata - Ikatkan Sehelai Pita Kuning Bagiku
- SYARAT BALASAN KEBAIKAN
- PELAJARAN DARI PARA MILYUNER
- BAHAGIANYA BERKARIR SBG IBU RUMAH TANGGA [ TESTIMO...
- Kisah Ama & Akong
- "Pola Pikir yang Berbeda" (Cerita Motivasi)
- Ibu Kenapa Engkau Menangis ?
- RENUNGAN 2
- "keajaiban" Mr Saroo Brierley
- RISET 7Up
- UANG BUKAN SEGALANYA
-
▼
April
(17)
Home »
CERITA INSPIRASI
» RISET 7Up
RISET 7Up
Kak Echo
Wednesday, April 18, 2012
Comments
Artikel Terkait
Kedermawanan Yang TertukarKedermawanan yg Tertukar Seorang wanita bertanya pada penjual telur yg sudah tua, "Berapa harga telurnya?" Penjual telur menjawab, "Satu butir hargan ... selengkapnya
Rejeki berkah di parkiranREJEKI "BERKAH" DARI PARKIRAN.. Hari ini saya ada undangan sebagai pembicara tamu di seminar Pengusaha Tanpa Riba di Jakarta, seperti biasa saya sel ... selengkapnya
MENUJU MASA TUA"MENUJU MASA TUA" 1. Sisa umur ini pendek, "selagi selera.....makanlah" "selagi layak........pakailah" "Selagi manfaat......belilah" "Selagi bisa.... ... selengkapnya
Kisah inspirasi Pak Bagus*Pak Bagus* Ada seorang teman, Pak Bagus namanya. Beliau adalah seorang guru yang sangat ceria, menyenangkan dan kocak. Siapapun yang berada di deka ... selengkapnya
Dua bulan terakhir yang menyentuhDua Bulan yang Berarti Sebuah kisah dari negeri Cina : Seorang gadis bernama Mei Fang baru saja menikah dengan seorang duda beranak satu, seorang ana ... selengkapnya
0 comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.