Responsive Banner design

selamat datang

Bantu like bos...

Arsip Blog

Home » , » MITOS-MITOS ROKOK YANG SALAH

MITOS-MITOS ROKOK YANG SALAH

1.Merokok itu keren dan modern
Yang benar adalah merokok membuat gigi kuning, kulit keriput, mata merah dan nafas bau.
Apakah ini tandanya keren dan modern ?.

2.Kamu enggak ingin ketinggalan zaman sebab sekarang semua orang merokok
Yang benar adalah hanya satu diantara lima siswa SMU adalah perokok, tetaplah pada pendirianmu,
beranikah untuk mengatakan “tidak”. Mereka akan mengagumimu “PD” kamu dan kamu pastinya
bangga juga.

3.Kamu masih muda bisa berhenti kapan saja kamu mau
Yang benar adalah . Sekali kamu mencoba merokok, sulit untuk berhenti karena nikotin adalah zat adiktif. Kenyataannya adalah sebagian besar perokok berat, mulai merokok pada usia remaja dan
mereka sulit untuk berhenti.

4.Merokok membuat kamu seksi
Pernah dengar ? Mencium perokok seperti mencium asbak! Belum lagi rambut dan baju kamu
berbau seperti cerobong asap.

5.Merokok menjadi badan langsing
Kalau ini benar, kamu nggak pernah melihat orang gemuk merokok dong! Buktinya, perokok bisa
gemuk atau kurus.

6.Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan
Yang benar adalah, walaupun dibutuhkan waktu 10 - 20 tahun , tetap terbukti rokok mengakibatkan
80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboropun mati karena kanker paru.

7.Kalau sedikit tidak apa-apa
Yang benar adalah : Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.

8.Kalau kamu kuat dan mandiri , tidak seorangpun bisa mengatur kamu untuk tidak merokok
Yang benar adalah : Kebebasan dan kedewasaan berarti bisa memutuskan sendiri apa yang baik bagi diri sendiri berdasarkan logika dan nalar yang benar , Tidak harus ikut-ikutan.

9.Merokok pasti tidak jelek, buktinya diiklankan secara luas dimana-mana
Apa kamu nggak sadar bahwa tanpa keuntungan yang aduhai, iklan rokok akan rela
menginvestasikan modalnya buat prosi bermilyar-milyar ? Dari mana untungnya ? Ya dari ketagihan
kamu itu !.

10.Masa iya iklan rokok akan berbohong
Sekarang begini saja, Beli permen yang bisa diecerpun ada tulisan daftar kandungan isi
dibungkusnya. Apalagi rokok yang komoditasnya mendunia . Apa kamu pernah lihat daftar kandungan bahan berbahaya di bungkus atau iklan rokok ?

11.Emang gw knapa kalo gw mrokok? Lagian kan MURAH!
Faktanya, jika Anda tidak merokok dalam 1 tahun ,, anda bisa menghemat 3 JUTA rupiah! ga percaya?? hitung sendiri di Menghitung Pengeluaran yang Anda Keluarkan Untuk Merokok

12. Merokok bisa dibersihkan dengan minum soda atau kopi.
Faktanya : asap rokok masuk ke paru-paru, sedangkan soda dan kopi masuknya kelambung, kagak bisa ketemu cooy... kalu tetep maksa kopi masuk paru-paru. bisa wassalam.seketika he...3x

Fakta yg kita harus tau:
1. Ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain.
2. Lebih muda anda mulai mengisap rokok ,maka lebih kuat rasa ketagihan anda untuk merokok.
3. Kebanyakan pemakai narkoba dan peminum alkohol bermula dari perokok.
4. Perokok sering terkejut mengetahui bahwa mereka kecanduan suatu zat. Banyak dari kita  percaya bahwa merokok itu hanya kebiasaan buruk; sesuatu yang kita bisa berhenti dengan mudah yaitu ketika kita sudah memutuskan sendiri waktunya suatu saat nanti
5. Bahaya Perokok Pasif 3 Kali Perokok Aktif
25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok,
sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya.

Bagaimana perokok menjadi ketagihan?
Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala  yang kurang enak:
- Merasa cepat marah, hampa atau geram.
- Cemas atau gelisah.
- Stres dalam bekerja.

Kelegaan yang anda nikmati dari setiap batang rokok hanyalah sementara dan gejala-gejala tersebut
akan kembali semula. Anda kemudian akan menyalakan sebatang lagi rokok dan tidak lama  kemudian , anda menjadi ketagihan kepada nikotin.

SANGAT MUDAH UNTUK KETAGIHAN
Perokok bisa menjadi ketagihan dengan cepat karena :
- Nikotin meresap ke dalam tubuh dengan mudah.
- Tidak seperti racun lain , rokok mudah didapat sehingga mudah untuk dikonsumsi. Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah  besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit.

KEBIASAAN YANG MENGUNDANG MAUT
Ingat rokok tidak hanya mengandung nikotin. Setiap hembusan asap juga mengandung 4.000 bahan
kimia beracun yang menyebabkan penyakit serius.

Merokok dapat mengakibatkan:
Otak : stroke,perubahan kimia otak
Mulut dan tenggorokan : kanker bibir,mulut,tenggorokan,dan laring
Jantung : melemahkan arteri,meningkatkan risiko serangan jantung
Dada : kanker esofagus
Paru-paru : kanker,empisema,asma,penyakit paru obstruktif kronis
Hati : kanker
Perut : tukak lambung,kanker lambung,pankreas dan usus besar,pelebaran pembuluh nadi perut
Ginjal dan kandung kemih : kanker
Reproduksi pria : kerusakan sperma,impoten
Reproduksi perempuan : kanker leher rahim,mandul
Kaki : gangren akibat penggumpalan darah

JANGAN TERPEDAYA
Ada rokok yang dikatakan lebih aman karena mengandung kadar nikotin yang rendah.
Hal ini tidak benar ,karena rokok jenis ini sama bahayanya dengan rokok lainnya. Jadi serendah apapun kadar nikotin dalam rokok adalah berbahaya.

BEBASKAN DIRI ANDA
Jauhkan diri dari rokok - jangan sekali-kali mencobanya sebagai suatu kebanggaan.
Ia hanya memerlukan bberapa batang rokok untuk menjadi ketagihan. Nikotin dalam asap rokok dihirup bergerak dari paru-paru, ke dalam aliran darah dan sampai ke otak perokok dalam jangka waktu 7-10 detik. Sesampai di sana, nikotin memicu sejumlah reaksi kimia  yang menciptakan perasaan sementara kesenangan bagi perokok, tapi sensasi ini hanya  sementara, mereda dalam beberapa menit. Karena tingkat nikotin dalam darah, perokok merasa  tegang dan gelisah. Jadi, untuk meringankan ketidaknyamanan, perokok menyalakan rokok lagi ...  dan kemudian .. dan lain lain. Dan begitulah seterusnya - lingkaran setan kecanduan nikotin. Satu  rokok tidak pernah cukup!!

Orang orang yang menyayangi anda pasti senang bila anda tidak merokok, tapi bila anda masih merasa merokok itu baik, mudah mudahan... keluarga anda, dan orang orang yang menyayangi anda tidak anda ajak untuk merokok.

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

blogger. Powered by Blogger.

comment