Responsive Banner design

selamat datang

Bantu like bos...

Arsip Blog

Home » » 8 fakta unik seputar puasa ramadhan di indonesia

8 fakta unik seputar puasa ramadhan di indonesia

Indonesia memang kaya akan keberagaman dan keunikan. Dalam pelaksanaan ibadah puasa pun terdapat fakta menarik yang patut kita simak. Apa sajakah itu? Berikut inilah rangkumannya lengkap menurut kak echo.

1. Membangunkan Orang Sahur
Kegiatan unik ini telah berlangsung sejak lama dan sudah menjadi tradisi. Biasanya para warga yang membangunkan warga lainnya untuk sahur, berkeliling dengan membawa alat pukul seperti galon,
penggorengan, dan lain sebagainya. Kata- kata yang paling umum diucapkan ialah "Sahur... sahur.." dengan nada yang mungkin sudah cukup lekat di telinga kita semua. (unik sih... tapi bukannya sekarang sudah ada alarm... ya..? oiya 

2. Kolak, Menu Berbuka Terpopuler
Ya, kolak ialah makanan khas berbukan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Kebanyakan orang Indonesia, setiap berbuka selalu mengonsumsi kolak. Kolak yang merupakan
makanan berbahan dasar pisang ini rasanya sangat manis dan tepat untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. tapi anehnya makanan kolak ini jarang ada selain bulan puasa kenapa ya?

3. Buka Bersama
Kegiatan yang biasa kita sebut dengan BukBer ini memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, BukBer juga berfungsi sebagai ajang silaturahmi sesama muslim.
Sekelompok orang yang ingin melaksanakan BukBer biasanya dilaksanakan di tempat tertentu, misalnya di Rumah Makan Padang, Restoran, dan yang lainnya. (saya sering dimasjid shob.. soalnya di desa ane kagak ada rumah makan... aihihihihi)

4. Memukul Bedug Setiap Malam Hari
Ketika di bulan penuh berkah ini, hari-hari memang jadi lebih menyenangkan dibanding bulan lainnya. Salah satu penyebabnya adalah karena kita bisa mendengarkan alunan bedug yang dipukul oleh orang lain atau bahkan kita sendiri yang memukulnya. Kegiatan ini biasa dilakukan setelah selesai Sholat Tarawih di Masjid atau yang lebih semarak lagi pada malam takbiran. (ini penyebab di indonesia jumlah solo drummernya terbanyak didunia)

5. Menyalakan Petasan

Jangan tiru adegan ini! Hanya dilakukan oleh professional Maaf, gambar diatas hanya bercanda dan tidak boleh ditiru. Tradisi menyalakan petasan bukan hanya dilakukan pada tahun baru, tapi juga di bulan puasa. Biasanya orang-orang menyalakan petasan pada malam hari atau sesudah Sholat Tarawih.

6. Masjid Tiba-tiba Ramai di Minggu Pertama
Mungkin hampir di semua daerah dimana masjid yang biasanya sepi aktivitas di hari-hari biasa, menjadi sangat ramai di minggu pertama bulan Ramadhan. Namun sangat disayangkan juga, aktivitas membludak ini, lambat laun semakin menurun menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. (dan ini merata di seluruh nusantara shob... #tepok jidat)

7. Ngabuburit
Inilah salah satu tradisi unik yang sering kita lakukan pada bulan Ramadhan. Mungkin sobat semua sudah tahu apa itu ngabuburit. Ya, ngabuburit adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk menghabiskan waktunya menjelang waktu untuk berbuka puasa tiba, misalnya dengan berjalan-jalan di pusat kota, beli makanan di mall, dan lain sebagainya (kalo ane jalan jalan di pinggir sawah ama pinggir sungai shob... sumpah sejuk)

8. Mudik
mudik ini juga unik di indonesia.. sebelum puasa aja tiket kereta bus pesawat kapal dll udah habis... bagi yang pengen liat jakarat ga macet, datang aja pas lebaran... dijamin jalan raya bisa dipakai buat sepak bola.. hahahaha...

sekian betapa uniknya indonesia waktu bulan puasa, itu baru pengalaman ane... belum 250.juta warga yang lain.. and ane jamin mereka punya pengalaman yang unik yang berbeda...

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

blogger. Powered by Blogger.

comment