Responsive Banner design

Selamat datang

Bantu like bos...

Arsip Blog

Home » , » Mozart

Mozart

Ada yang mengatakan Mozart itu pemain piano yang super jenius, usia muda sudah bisa begitu hebat. Jarang yang tahu bahwa dia sejak usia 2 tahun setiap hari berlatih musik.

Ayahnya, pemusik handal mengajari kakaknya dan dia segala macam alat musik sejak kecil, kerja keras saat anak2 lain bermain.

Mozart dapat membedakan nada apapun dari seluruh tangga nada, yang dimainkan dengan alat musik apapun, dan dia bisa menuliskan komposisi sebuah lagu dengan sekali dengar.

Apakah ini karena Mozart genius ataukah karena pelatihan?
Seorang pemusik Jepang, Ayako Sakakibara, mendidik 12 anak berusia 2-6 th, hasilnya menarik: hampir semua anak tersebut bisa membedakan lagu dengan ketepatan nyaris seperti Mozart! Ini membuktikan bahwa latihan yang benar, dan kerja keras yang hebat, akan mampu menciptakan “jenius”.

Semua kerja besar, butuh “latihan” nya, butuh “bayaran” nya. Mau jadi pengusaha, ya harus mau jatuh bangun berkali kali: tersendat, tergusur, terjatuhkan, dan bangun lagi sambil belajar sesuatu yang baru tentang bisnis itu.

Ketika semua orang lain berlibur dan bermain, anda harus bekerja super keras. Saat orang lain kerja, anda bekerja lebih keras.

Seorang sahabat dulu masuk dalam pelatnas bulu tangkis Indonesia, ketika saya tanya sehari berlatih berapa jam, katanya sehari minimal 8 jam, apalagi kalau sudah mendekati lomba. Mulai dari lari, shadow badminton, main beneran, sampai harus tidur siang pada jam2 yang ditentukan, dan makanan yang dijaga benar.

Tidak ada jalan pintas, semuanya harus kita bayar harganya. Banyak orang sukses saat dipuji kehebatannya Cuma tertawa saja dan dalam hati berkata: “Kalau saja kalian tahu berapa harga yang harus saya bayar untuk sukses ini, kalian tidak akan merasa saya hebat.”

Problem utama dari orang2 yang berkata: “Saya akan melakukan apapun untuk sukses saya, lautan api dan padang golok pun aku lewati.” Dan mereka berhenti enggan kerja ketika harus bekerja saat Minggu dan libur, dan lembur kerja sampai tengah malam.

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

comment