Responsive Banner design

selamat datang

Bantu like bos...

Home » , » Perbedaan pedagang dan pengusaha

Perbedaan pedagang dan pengusaha

Perbedaan pedagang dan pengusaha biasanya dianggap tidak ada perbedaannya oleh sebagian orang. Namun, sebenarnya pedagang dan pengusaha memiliki banyak sekali perbedaannya. Salah satunya adalah pengusaha umumnya akan berpikir mengenai usahanya secara jangka panjang. Sedangkan, umumnya pedagang hanya menginginkan dagangannya untuk laku dan mendapatkan untung saja.

Apa Itu Pedagang dan Apa Itu Pengusaha?
Sebelum dijelaskan mengenai apa perbedaan pedagang dan pengusaha, terlebih dahulu mari cari tahu apa itu pedagang dan pengusaha.

Pedagang adalah seseorang yang menjual suatu barang dengan menginginkan akan mendapatkan untung. Hal itu bukan berarti bahwa pengusaha tidak menginginkan untung ya.
Cara kerja pedagang adalah mereka akan mencari barang yang memiliki harga lebih murah dan akan dijual lagi dengan selisih harga. Contohnya saja seorang pedagang yang membeli buku seharga 10 ribu rupiah, maka ia bisa menjualnya menjadi 15 ribu rupiah. Begitulah cara kerja pedagang pada umumnya.

Sedangkan pengusaha adalah orang yang membuat suatu usaha yang belum ada menjadi ada. Seorang usaha umumnya akan mencari sebuah peluang usaha yang biasanya belum banyak ada di sekitarnya.
Seorang pedagang akan mencari untung untuk saat itu juga. Caranya pun dengan menjual suatu barang dengan selisih harga. Sedangkan cara pengusaha mencari untung adalah dengan membangun usaha yang belum ada sehingga akan menghasilkan sesuatu dan bisa dibuat menjadi untung. Begitulah cara mencari untung dari pedagang dan pengusaha yang bisa dibilang sangat berbeda bukan.

Seorang pengusaha juga akan memiliki keinginan untuk selalu membuat usahanya lebih maju. Para pengusaha akan membuat strategi untuk pemasaran agar produknya bisa dikenal luas oleh masyarakat. Sedangkan bagi pengusaha, jika dagangan mereka untung itulah salah satu tujuan mereka, tanpa mereka memikirkan suatu strategi. Semakin banyak pembeli di tempat usaha mereka, semakin banyaklah untung yang mereka dapat.

Pengusaha akan memiliki risiko investasi yang lebih besar daripada yang ditanggung oleh pedagang. Sebab pengusaha belum tentu bisa mendapatkan untung mereka saat itu juga. Lain halnya dengan pedagang yang bisa meraih untung setelah barang dagangan mereka laku.

Seorang pengusaha biasanya akan mempunyai mental yang sangat kuat dan juga tahan banting. Pengusaha juga telah terbiasa mengahdapi tekanan fisik maupun psikis. Hal itu disebabkan seorang pengusaha bisa saja mengalami kegagalan yang besar saat usahanya belum bisa diterima oleh masyarakat.

Mental antara pedagang dan pengusaha bisa menjadi salah satu perbedaan terbesar diantara mereka.
Berikut Faktor Pembeda Seorang Pedagang dan Pengusaha
Berikut ini faktor yang bisa menjadi pembeda antara pedagang dan pengusaha.

1. Perencanaan
Perbedaan pedagang dan pengusaha yang pertama bisa dilihat dari perencanaannya. Seorang pengusaha pasti akan merencanakan usahanya dalam jangka pendek, jangka menengah dan juga dalam jangka panjang. Hal itu dilakukan agar usaha yang dilakukannya bisa dilaksanakan dengan jelas. Jelas dalam maksud kapan barang akan habis maupun kapan harus memasang modal lagi. Hal itu dilakukan agar pengusaha itu tidak akan mengalami kerugian.

Sedangkan bagi pedagang, umumnya mereka tidak terlalu mementingkan sebuah perencanaan. Bagi pedagang jika dagangannya laku mereka sudah sangat senang. Sehingga tidak ada pemantauan yang detail terhadap keuntungannya seperti yang dilakukan oleh seorang pengusaha.

2. Pemasaran
Perbedaan pedagang dan pengusaha yang kedua adalah dari segi pemasarannya. Baik pedagang dan juga pengusaha sama-sama melakukan pemasaran. Namun, strategi dan cara pemasarannya cukup berbeda.

Seorang pengusaha lebih berpikir bagaimana cara memasarkan usahanya dengan mempercantik kemasan dari produknya agar menarik bagi banyak orang. Selain itu pengusaha juga akan mencari tempat yang dianggap bagus untuk menjual produk dari usahanya.

Sedangkan bagi seorang pedagang dalam memasarkan produknya hanya dilakukan di satu tempat saja. Selain itu, pedagang juga umumnya memasarkan dagangannya dengan tenaga yang banyak seperti dengan berteriak-teriak.

3. Perbendaharaan
Perbedaan pedagang dan pengusaha yang terakhir adalah dalam hal perbendaharaannya. Seorang pedagang dan pengusahah akan selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran yang dilakukannya. Namun, seorang pengusaha lebih detail saat mencatat pemasukan dan pengeluarannya. Seorang pengusaha juga akan mengamati usahanya apakah telah berkembang dengan baik melalui sebuah grafik.

Bagi kalian yang ingin memulai usaha lebih baik mulai sekarang kalian mulai merencanakan usaha apa yang ingin kalian lakukan. Jangan lupa juga untuk mengetahui sasaran pemasaran dari usaha kalian agar bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Informasi di atas semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari perbedaan pedagang dan pengusaha.

Cheers,
Kevin Jonathan

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

blogger. Powered by Blogger.

comment