Responsive Banner design

Selamat datang

Bantu like bos...

Arsip Blog

Home » » Keajaiban Sedekah

Keajaiban Sedekah

Di suatu perjalanan dari Sukabumi menuju Jakarta, 3  bulan yang lalu, sebelum bulan Ramadhan.

Saat tertidur di perjalanan, terbangunlah Ustad  Yusuf Mansur (dibangunkan Allah SWT) dengan rasa  kepingin pipis. Tidak jauh di depan ada sebuah SPBU,  diputuskanlah untuk buang air kecil di SPBU tersebut.  Setelah mobil di parker dan turun dari mobil, terlihat  berlari tergopoh-gopoh seorang satpam SPBU menghampirinya.
“Assalammualaikum pak ustad”, salam si satpam.
“Waalaikumsalam”, ustad menjawab.
“Begini pak Ustad saya ingin cerita alias ngobrol- ngobrol dengan pak Ustad”, sambar si satpam.
"Oh ya  pak nanti ya setelah saya buang air kecil, tunggu dulu  aja di sini sebentar”, kata Ustad Yusuf Mansur
sembari dia berjalan menuju toilet.

Akan tetapi, si  satpam bukannya menunggu malahan dia mengikuti di  belakang Ustad, si Ustad pun mengulangi perkataannya.
“Pak tunggu aja sebentar ga lama ko”.
Si satpam pun nyengir sembari berkata, “saya mau  shalat ashar dulu pak”. Ustad melihat jam tangannya
yang menunjuk jam 16.55.

”Baru mau shalat ashar? Ya sudah cepet waktu ashar  bentar lagi habis”. “Ya pak, waktu tugas saya baru
selesai jadi baru sempet shalat”, jawab si satpam. 

Di dalam toilet setelah selesai buang air kecil Ustad  Yusuf merenenung, “Tadi tertidur terus kebangun
karena pingin pipis, pas ada SPBU, terus mampir,  terus ketemu si satpam. Pasti Allah SWT sudah
menjodohkan saya dengan si satpam itu tadi. Ya sudah  akan saya dengar dia mau cerita apa.”

Ustad Yusuf Mansur diajak ngobrol di kantin SPBU.
“Begini pak Ustad saya udah bosen kerja di sini, saya  ga betah”, kata si satpam
“Lho ga betah? Udah berapa lama kerja di sini?”,  Tanya Ustad
“Udah 7 tahun pak”, jawab si satpam
“Nah itu betah namanya, kerja udah 7 tahun”, kata  ustad lagi
“Bukan gitu pak, habis ga ada kerjaan lain pak.”
“Terus kenapa bisa ga betah?”
“Gajinya kecil pak ustad.”
“Emang berapa gaji?”
“Gaji perbulan saya 1,7 jt.”

“Alhamdulillah, segitu kurang pak? Bapak udah punya  istri dan anak? pasti ada yang salah dengan bapak”,
sambar Ustad Yusuf Mansur.  Si satpampun nyengir kuda, “hehe, saya ambil motor
pak dan saya punya istri dan seorang anak.”
“Ya benar tebakan saya, emang uang cicilannya berapa  per bulan?”
“925.000 per bulan pak”. (Pantes aja gaji kaga cukup,  itu namanya besar pasak dari pada tiang)

“Saya pingin hidup saya berubah pak Ustad ga gini-gini  aja”, lanjut si satpam.
“Ada 2 syarat kalau anda pingin berubah. Yang pertama  benerin dulu tuh shalat bapak, bagaimana mau berubah  kalo shalat aja telat. Solatlah tepat pada waktunya,  begitu suara adzan terdengar maka berhentilah dari  semua aktivitas, bergegas ambil wudhu dan kerjakaan  shalat.”

Shalat ashar kurang lebih jam 15.00, tapi Anda  mengerjakan pukul 17.00, berarti bapak telat 2 jam.
Sehari 5 waktu shalat, 2 x 5 = 10 jam,
sebulan 10 x 30 = 300 jam (12,5 hari),
setahun 12,5 x 12 = 150 hari (5 bln),
masa kerja 7 x 5 = 35 bln (3 th).
Itu baru di kali  waktu kerja bapak 7 thn di SPBU, kalo di kali umur  bapak sesudah masa baligh sampe sekarang? Udah habis  waktu bapak sia-siakan, percepatan waktu bapak jelas  kalah dengan teman-teman bapak, sodara-sodara bapak  yang menunaikan ibadah solat tepat pada waktunya.

Yang lain udah naik pesawat, bapak masih naik sepeda  aja. Yang lain udah hidup enak bapak masih gini-gini  aja.”, papar Ustad Yusuf Mansur  Sambil manthuk-manthuk si satpam bertanya lagi,
“Syarat yang ke 2 apa pak Ustad?”
“Yang ke 2 berinfak dan bersedekahlah kamu,  sisihkanlah dari penghasilan bapak.”
Si satpam pun nyamber, “OK pak saya mau benerin  shalat saya, tapi untuk syarat yang ke 2 saya ga
sanggup pak Ustad, gimana mau infak dan sedekah?  Penghasilan saya aja pas-pasan bahkan kurang pak
Ustad.”

Sambil geleng-geleng pak Ustad berkata, “Semua makhluk yang ada di jagat raya ini sudah di atur
rezekinya masing-masing oleh Allah SWT, hewan-  hewan dan tumbuhan tak terkecuali. Jangankan orang
yang bekerja, pengangguran aja sudah dibagi  rezekinya, apalagi yang bekerja, saya mau nanya, mana
ada sekarang pengangguran yang tidak makan sehari- harinya? Pasti makan, kalo ada yang tidak atau kurang  makan, silahkan datang ke rumah saya untuk makan.

Namanya syarat berarti wajib, mau berubah nasibnya  ga?
“Mau pak ustad, tapi berapa sedekahnya?”
“Sebulan gaji deh.”
“Sebulan gaji? terus makan keluarga saya?”
“Gini aja bapak bilang ke atasan, bon dulu uang gaji  bulan depan untuk infak dan sedekah”. Si satpam
terbengong-bengong, pertentangan batin sangatlah  kuat antara ikhlas dan tidak, pecahlah itu perang
baratayudha di dalam hatinya.

Dan akhirnya, sambil menghela nafas panjang si  satpam berkata, “Baiklah pak Ustad 2 syarat tadi akan
saya laksanakan dengan sebaik-baiknya, terima kasih  pak Ustad saya udah mengganggu waktu Ustad.
“Alhamdulillah, ngga apa-apa, lakukanlah syarat tadi  dengan semata-mata mengharap ridho Allah SWT.”
Berpisahlah si satpam dengan Ustad Yusuf Mansur.  Malam harinya si satpam gendu-gendu rasa dengan
istrinya, apa-apa yang sudah di obrolin dengan Ustad  Yusuf. Alhamdulillah sang istri pun mendukung niatan  dari suaminya dengan penuh hati.

Kemudian, pagi harinya si satpam menghadap kepada  komandannya,
“Ndan, saya mau ngebon uang gaji saya bulan depan,  boleh ga ndan?”
“Boleh aja, tapi alasannya buat apa?” Tanya balik si  komandan.
Si satpam pun terdiam, iya iya buat apa? Masa alasan  ngebon untuk infak dan sedekah, kan ga lucu.

“Heh di Tanya ko malah diam!” komandan menyentak.
“Ya ndan kemarin saya ketemu Ustad Yusuf Mansur,  syarat untuk merubah nasib saya salah satunya  bersedekaoh, jadi saya ngebon mau buat sedekah ndan”,  jawabnya dengan lirih dan aga malu-malu.
Si komandannya ketawa…

“Hahaha masa kamu kasbon buat sedekah? Yang bener  aja? tapi OK lah, nanti ya saya Tanya boz besar dulu,
kan dia yang meng-ACC.”
Si komandan pun langsung bergegas menghadap boz  untuk mengutarakan hajat si satpam anak buahnya.
“Pagi boz, gini salah satu satpam anak buah saya, mau  ngebon uang gajinya bulan depan, di ACC ga boz?”
“Buat apaan?”
“Katanya sih mau di gunakan untuk sedekah bos.”
“Mau buat sedekah?” Sambil mantuk-mantuk dan  cengar-cengir si bos menyambar lagi,” aneh banget, ya
sudah, bilang ama dia boleh, akan saya kasih dia bon  gaji bulan depan, suruh ke sini dia.”

Si satpam masuk ruangan bos nya.
“Katanya kamu mau kasbon gaji bulan depan dan  uangnya mau buat sedekah?”
“Iya boss, saya mau merobah nasib.”
“Merobah gimana?”
Si satpam pun menjelaskan ke bos nya, kalo mau  berubah nasib harus sedekah. Dan si bos pun percaya
ga percaya.  Singkat cerita si satpam udah mendapatkan uangnya  dan telah menghabiskannya untuk berinfak dan sedekah  bagi sodara-sodara dan tetangganya yang kurang  mampu.

Hari-hari pun berlalu, sampai tibalah di bulan yang  baru. Alhamdulillah semua teman-temannya pada
gajian, sendiri-sendiri ga gajian, karena bulan lalu  udah di bon. Tapi hari demi hari berlalu, seorang teman
satpamnya bertanya-tanya apakah si satpam itu tadi  hidupnya serba kekurangan atau tidak, temannya pun
melakukan survey, oh ternyata si satpam telah  menjual motornya, pantes lempeng aja dia. Si bos pun
terus bertanya-tanya sambil menunggu si satpam  kenapa ga datang-datang lagi, lempeng amat tu bocah
ya, merasa penasaran si bos pun memanggil si satpam  untuk menghadapnya di kantin.

“Gimana mau ngebon lagi ga untuk bulan depan, kan uang  bulan ini udah ga ada?” tantang si bos.
“Alhamdulilah ga pak bos.”
Tiba-tiba temennya nyeletuk dari belakang, “dia abis  jual motornya bos.”
“Ooh abis jual motor, pantes ka ga ngebon lagi.”
“Ga bos saya jual motor ga buat saya dan keluarga
makan bos, tetapi saya jual untuk menambahi sodakoh  saya!” Elak si satpam  Tambah terbengong-bengong si bos dan penasaran,

“Gini bos saya ceritain, selepas saya bersedekah hari-  hari terakhir di bulan lalu saya sempet terbesit di
hati rasa was-was dan gundah. Mau makan apa saya dan  keluarga saya bulan depan. Eh di awal bulan kemaren  Alhamdulillah nama istri saya nyangkut di surat  warisan keluarga di kampung, di situ tertera angka 17 jt untuk istri saya”. 

Si bos pun nyamber lagi. ”lah kenapa kamu jual itu  motor?”
“Saya malu sama Ustad Yusuf Mansur, seandainya pada  saat itu saya jual motor untuk sedekah pasti Allah
SWT akan membalasnya dengan lebih besar lagi.  Alhamdulillah sekarang saya dan istri punya warung
sembako di rumah sebagai usaha sampingan, semoga  dengan ini nasib saya sedikit-sedikit akan berubah
menjadi baik dan lebih mulia di mata Allah SWT.”  “Aamiin.”

Semoga dari cerita nyata ini dapat memotivasi teman-  teman, bapak-bapak dan ibu-ibu untuk mencontoh si  satpam tadi. Ada 2 syarat jika anda sekalian ingin  merubah nasib anda di muka bumi ini dan mulia di mata  Alloh SWT:
1. Sholat tepat waktu
2. Berinfak dan bersedekahlah dalam keadaan lapang  maupun sempit dengan iklas
Kedua syarat tersebut dilakukan dengan semata-mata  untuk mendapat ridho Allah SWT.
(Narasumber: Ustad. Yusuf Mansur)

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

comment