Responsive Banner design

Selamat datang

Bantu like bos...

Arsip Blog

Home » » PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP DIRI

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP DIRI

Ketika masih sangat kecil, Mencius pindah rumah dan tinggal di dekat pasar. Pasar penuh dengan penjual ikan, sayur, daging, kuli, pencopet. Setiap hari dia bermain di pasar, berteman dengan orang2 pasar dan bahkan belajar mencopet disana. Ibunya sangat sedih melihat hal ini dan memutuskan pindah sekeluarga.

Di tempat barunya, dekat kuburan, dalam waktu yang tidak lama Muncius kecil segera belajar bermain kubur mengubur, membersihkan makam, bersembahyang untuk orang mati, dan berteman dengan para penjaga kuburan. Ibunya kembali sedih dan memutuskan pindah lagi.

Tempat ketiganya, dekat “sekolahan”. Disini Mencius melihat para murid belajar dengan tekun. Iapun ikut belajar membaca, dan berteman dengan para pembelajar. Mencius tumbuh besar menjadi salah satu filsuf terhebat dalam sejarah China.

Ungkapan Meng-Mu-San-Shi n, Ibu Mencius pindah tiga kali, adalah ungkapan umum tentang upaya seseorang untuk memilih sampai dapat tempat yang terbaik untuk lingkungannya.

Dalam kehidupan sosial dan bisnis, lingkungan sangat mempengaruhi kita. Social proof, bukti sosial,
mengajarkan bahwa kita akan bertindak mengikuti nilai nilai yang dianut oleh orang sekeliling kita.
Kita mengukur kebenaran dan budaya dari siapa teman kita, dan bagaimana budaya yang ada di perusahaan kita. Kita belajar dari teman dan rekan kita.

Meng Tze hidup pada tahun 371 sampai 289 Sebelum Masehi. Sejak dulu, orang bijak telah mengerti akan
pentingnya arti Lingkungan pada kehidupan manusia. Walaupun sekarang jaman berubah, dengan mobil, telpon genggam, café, mall, internet, skype, BBM, tetap saja kebutuhan akan lingkungan yang baik, untuk kesehatan tubuh dan jiwa, serta pembentukan seorang anak manusia yang sukses tetap menjadi hal penting.

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

comment