Responsive Banner design

selamat datang

Bantu like bos...

Arsip Blog

Home » » ETIKA MUSLIM MEMAKAI FACEBOOK

ETIKA MUSLIM MEMAKAI FACEBOOK

Facebook adalah jejaring sosial. Itu berarti kita hidup dalam kawasan pertemanan dan pergaulan.
Maka etika-etika bergaul harus diperhatikan. Ada beberapa etika yang perlu kami sampaikan kepada para pengguna Facebook demi kebaikan bagi kita semuanya:

1.pakailah nama yang baik
walaupun cuma didunia maya, usahakanlah pakai nama yang santun, sebagai wujud penghormatan terhadap diri sendiri dan orang-orang yang menyayangi kita.

2. Jadikan Sebagai Ladang Pahala.
Hendaknya seorang yang masuk pada situs ini meluruskan niatnya,benar-benar ingin menjadikan Facebook untuk sesuatu yang bermanfaat sebagai ajang silaturrahmi, berdakwah, menimba ilmu, dan sebagainya.

3. Mengatur Waktu.
Hendaknya pengguna Facebook memahami akan mahalnya waktu.
Janganlah dia terjebak dalam kesia-siaan atau terlena keenakan chatting sehingga lalai dari sholatnya, kewajiban, dan tugasnya di rumah atau tempat kerja.

4. Waspadailah Zina Mata dan Hati.
Dalam Facebook akan di-posting foto-foto pengguna Facebook lainnya yang terkadang mereka adalah foto- foto lawan jenis. Tidak menutup kemungkinan muncul nafsu berahi dengan melihatnya. Maka hendaknya kita takut kepada Alloh dan menyadari bahwa semua itu adalah ujian akan keimanan kita kepada- Nya.

5. Jagalah Kata-kata.
Janganlah kita merasa bebas menulis status atau komentar dan kata- kata di Facebook. Pilihlah kata-kata yang baik dan menyenangkan. Jangan menulis kata-kata yang kotor, fitnah, provokasi, gosip, ghibah (gunjingan), dan sebagainya. - Seorang muslim harus menjaga anggota tubuhnya dari hal-hal yang dapat menodai keimanannya.

Demikianlah fiqih Facebook yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan ini membawa manfaat bagi kita semuanya..

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

blogger. Powered by Blogger.

comment